Pengaruh Modul Elektronik Terhadap Ketrampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Muncar

Laili, Ulya Nurul and Hermanto, Hermanto (2022) Pengaruh Modul Elektronik Terhadap Ketrampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Muncar. Pengaruh Modul Elektronik Terhadap Ketrampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Muncar, 1 (4). pp. 462-468. ISSN 2810-0417

[thumbnail of Article+0104-519-525.pdf] Text
Article+0104-519-525.pdf - Published Version

Download (731kB)

Abstract

Ketrampilan menulis puisi merupakan salah satu materi yang mengharuskan siswa untuk dapat menyajikan karya tulisnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 4 Muncar diperoleh data bahwa siswa kelas VIII mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Siswa cenderung tidak dapat membedakan kosa kata yang digunakan dalam puisi dan teks deskripsi, sehingga hasil karya siswa cenderung mengarah pada teks deskripsi. Salah satunya ialah penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat berimbas pada pengetahuan siswa yang terbatas. Dalam proses pembelajarannya di SMP Negeri 4 Muncar menggunakan media cetak yaitu buku paket. Penggunaan buku paket ini dirasa kurang efektif dalam penyampaian materi, karena siswa tidak mendapatkan contoh secara nyata mengenai puisi tersebut. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan modul elektronik sebagai media pembelajaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 26.0.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan modul elektronik terhadap keterampilan menulis puisi dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan modul elektronik. Berdasarkan pada nilai hasil pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 62,44 dan nilai rata-rata hasil post-test sebesar 84,26. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis diketahui sig.(2tailed) < 0,000 <0,05, terdapat pengaruh penggunaan modul elektronik terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Muncar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FKIP
Depositing User: hermanto hermanto
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:39
Last Modified: 22 Jul 2023 06:39
URI: https://repo.ubibanyuwangi.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item
View Item